"ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH " "SELAMAT DATANG "

Materi PAI


KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : I / I NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 1 ALQURAN 1. Menghapal Al – Quran surat pendek pilihan 1.1 Melafalkan QS. Al- Fatihah dengan lancar 1. Melafalkan Surat Al fatihah dengan lancar dan benar. 2. Menyebutkan Jumlah ayat Surat Alfatihah 3. Menggunakan Surat Alfatihah Dalam Shalat 1.2 Menghapal QS Al- Fatihah dengan lancar 1- Menghapalkan Surat AlFatihah Dengan benar Dan lancar. 2- Mendemonstra- sikan Surat Al – Fatihah 2 AKIDAH 2.Mengenal rukun Iman 2.1 Menunjukkan cip Taan Allah Swt me lalui ciptaannya 1- Menunjukkan ciptaan Allah swt melalui Alam semseta 2- Membedakan ciptaan Allah swt dengan cip Taan Manusia 2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman Menyebutkan rukun Enam rukun Iman 2.3 Menghafal enam Rukun Iman 1- Menunjukkan hafal Enam rukun Iman 2- Mendemontrasikan Hafalan rukun Iman 3 AKHLAK 3. Membiasakan Prilaku terpuji 3.1 Membiasakan perilaku jujur 1- Menunjukkan contoh Perilaku jujur NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 2- Membiasakan perilaku Jujur 3 - Memberikan contoh Periaku jujur 3.2 Membiasakan perilaku tanggung jawab 1- Menunjukkan contoh Perilaku tanggung jawab 2 - Membiasakan perilaku Tanggung jawab 3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih 1 - Menunjukkan contoh Perilaku hidup bersih 2 - Membedakan yang Bersih dengan yang Kotor 3- Mem,biasakan perilaku hidup bersih 4 Memberikan contoh Perilaku hidup bersih 3.4 Membiasakan perilaku disiplin 1- Menunjukkan contoh Perilaku hidup disiplin 2 - Membiasakan perilaku hidup disiplin 4 FIQIH 4. Mengenal tata Cara bersuci ( Thaharah 4.1 Menyebutkan pengertian bersuci 1- Menjelaskan pengertian bersuci 2- Menyebutkan tata cara Bersuci 3 - Menunjukkan alat-alat Untuk bersuci NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 4.2 Mencontohkan tatacara bersuci 1.Menunjukkan tatacara Bersuci yang benar 2 - Mendemontrasikan cara bersuci 5.1 Menirukan ucapan Islam 1- Mengucapkan rukun Islam 2 - Menyebutkan rukun Islam dengan berurutan 5 5. Mengenal Ru Kun Islam 5.1 Menirukan ucapan Islam 1- Mengucapkan rukun Islam 2 - Menyebutkan rukun Islam dengan berurutan 5.2 Menghafal Rukun Islam - Hafal rukun Islam dengan baik Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001 KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : II / I NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 1 : ALQURAN 1. Menghapal Al – Quran 1.1 Melafalkan QS. Al- Fatihah dengan lancar 1- Melafalkan Surat Al fatihah dengan lancar dan benar. 2- Menyebutkan Jumlah ayat Surat Alfatihah 3- Menggunakan Surat Alfatihah Dalam Shalat 1.2 Menghapal QS Al- Fatihah dengan lancar 1- Menghapalkan Surat AlFatihah dengan benar dan lancar. 2- Mendemonstrasikan Surat Al – Fatihah. AKIDAH 2. Mengenal Asma Ul husna 2.1 Menyebutkan lima Dari Asmaul husna 1- Menyebutkan lima Asmaul Husna 2- Menunjukkan hafal Lima Asmaul husna 3- Mendemontrasikan Hafalan Asmaulhusna 2.2 Mengartikan lima Asmaul husna 1- Mengartikan lima Asmaul husna 2- Menunjukkan hafal Arti lima Asmaul Husna 3- Mendemonstrasikan hafalan arti Asmaulhusna NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban 3 : AKHLAK 3.Mencontoh Perilaku terpuji 3.1 Menampilkan ren Dah hati 1- Menjelaskan pengertian rendah hati 2- Mencari contoh 2 rendah hati 3.2 Menampilkan hi hup sederhana 1- Menjelaskan pengertian hidup sederhana 2 Menunjukkan contoh hidup sederhana 3- menerapkan hidup Sederhana 3.3 Menampilkan adab Buang air besar dan kecil 1- Menjelaskan pengertian Istinja 2.Menunjukkan ada Buang air besar dan Kecil 3.Menyebutkan macam- Macam alat bersuci 4- Menjelaskan tatacara Buang air besar dan Kecil dengan benar 4 FIQIH 4. Mengenal Tata Cara wdhu 4.1 Membiasakan Wudhu dengan tertib 1- Menjelaskan tatacara Wudhu yang benar. 2 - Menunjukkan Rukun Wudhu dengan tartib 3 - Mendemontrasikan Cara berwudhu dengan benar NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban 4.2 Membaca wudhu Setelah berwudhu 1. Melafalkan doa setela berwudhu 2- Menunjukkan lafal doa setelah berwudhu 3-Mendemonstrasikan Carawudhu dengan tenar dan tertib 5 5.Menghafal Bacaan sholat 5.1 Menghafal bacaan sholat 1- Melafalkan bacaan sholat dengan benar 2- Menunjukkan bacaan Bacaan sholat dengan benar 3- Memberi contoh bacaan bacaan sholat dengan benar 5.2 Menghafal bacaan sholat 1 Mendemontrasikan hafalan bacaan sholat dengan benar 2 Menunjukkan hafal bacaan sholat dengan benar Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001 KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : III/ I NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 1 ALQURAN 1.Mengenal kalimat dalam Alquran Membaca kalimat Dalam Alquran -Melafalkan huruf-hurup Alquran melalui Kalimat dengan benar -Melafalkan kalimat dalam Alquran dg Benar sesuai dg Harakat - Melafalkan kalimat Dalam Alquran dg Benar sesuai dg makhraj - Mendemontrasikan Bacaan kalimat dalamAlquran 1.2 Menulis kalimat Dalam Alquran - Menulis kalimat Alquran dengan benar -Menulis ayat ayat Alquran dengan benar -Mendemonstrasikan Penulisan kalimat dan Ayat dalam Alquran 2 AKIDAH 2. Mengenal sifat Wajib Allah 2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah swt -Menjelaskan pengrtian Sifat Wajib bagi Allah -Menyebutkan lima Sifat wajib bagi Allah -Menunjukkan perbedaan sifat Allah dengan Makhluknya NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 2.2 Mengartikan l Lima sifat wajib Allah swt Mengartkan lima sifat Wajib Allah swt Menghafalkan lima Sifat wajib bagi Allah swt beserta artinya 3 AKHLAK 3.Membiasakan Perilaku terpuji 3.1 Menampilkan Perilsku percsaya diri Menjelaskan pengertian percaya diri Menunjukkan contoh Contoh perilaku percaya diri Menyebutkan keuntu ngan perilaku percaya diri Menjelaskan cara-cara Menumbuhkan perilaku percaya diri 3.2 Menampilkan peri Laku tekun Menjelaskan pengertian tekun Menunjukkan contoh Contoh perilaku tekun Menyebutkan keuntu ngan perilaku tekun Menjelaskan cara-caraMenumbuh kan perilaku tekun NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban 3.3 Menampilkan peri Laku tekun Menunjukkan contoh Contoh perilaku hidupHemat Menjelaskan cara-cara Hidup hemat Menyebutkan keuntungan perilaku hidup hemat Menerapkan perilaku hidup hemat 4 FIQIH 4. Melaksanakan Sholat dengan tertib 4. 1 Menghafal bacaan sholat Melafalkan baccan Sholat dengan benar Menghafal bacaan Sholat dengan benar Menerapkan bacaan Sholat dari Takbirtul Ihram sampai salam 4.2 Menampilkan kese rasian gerakan dan Bacaan sholat Mempraktekkan gerakan sholat Mempraktekkan keserasian antara gerakan dan bacaan sholat Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001 KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : IV/ I NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 1 AL-QUR’AN 1. Membaca Surat surat Al-quran 1.1 Membaca QS Al - Fatihah dengan lancar Melafalkan kata danKalimat surat Al-Fatihah dengan harakat dan makraj yang benar. Mengartikan ayatSurat Al-Fatihah dengan tepat dan mengetahui isi pokok surat Al-Fatihah Menerapkan hukumTajwid (alif, lam dan izhar Menulis ayat-ayat Surat Al-Fatihah dengan benar 1.2 Membaca QS Al- Ikhlas dengan Lancar. Melafalkan kata dan Kalimat dengan harakat dan makraj yang benar - Mengartikan ayat Surat Al-Ikhlas dengan tepat dan mengetahui isi pokok surat Al-Ikhlas. Menerapkan hukumTajwid (Qalqalah dan idqam) Menulis ayat-ayat Surat Al-Ikhlas dengan benar NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 2 AKIDAH 2. Mengenal sifat Jaiz Allah SWT 2.1 Menyebutkan sifat Jais bagi Allah Menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT Membedakan sifat jaiz dan mustahil bagi Allah SWT Membedakan sifat jaiz dan wajib bagi Allah SWT 2.2 Mengartikan sifat jaiz bagi Allah - Menjelaskan arti sifat jaiz bagi Allah SWT . - Menghafal arti sifat jaiz bagi Allah SWT - Menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT 3 TARIKH 3. Menceritakan kisah Nabi 3.1 Menceritakan kisah Nabi Adam AS Menjelaskan kisah kejadian Nabi Adam AS Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan nabi pertama Menyebutkan sifat- sifat yang dimiliki nabi Adam 3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW Menjelaskan peristiwa yang terjadi pada masa kelahiran Nabi Muhammad SAW Menjelaskan keadaan Nabi Muhammad SAW waktu lahir Menunjukan nasab/ keturunan Nabi Muhammad SAW NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban 3.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW Menjelaskan kisah perilaku masa kanak- kanak Nabi Muhammad SAW - Menyebutkan sifat- sifat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW 4 AKHLAK 4. Membiasakan perilaku terpuji 4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga Menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan oleh Allah SWT dari surga Menyebutkan pengertian taubat Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS 4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW Menjelaskan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW Menyebutkan sifat- sifat Nabi Muhammad SAW Meneladani sifat rajin, tabah, kesabaran dan kejujuran Nabi Muhammad SAW NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban 5 FIQIH 5. Mengenal ketentuan- ketentuan shalat 5.1 Menyebutkan rukun shalat Menjelaskan pengertian rukun shalat Menyebutkan jumlah rukun sholat Menunjukan hal-hal yang termasuk rukun shalat 5.2 Menyebutkan sunnat shalat Menyebutkan sunat shalat Menjelaskan sunat fi’li dan Qouli membedakan antara rukun dan sunat shalat 5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat Menjelaskan pengertian syarat sah dan syarat wajib shalat Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat Membedakan antara syarat sah dan syarat wajib shalat Menghafal syarat sah dan syarat wajib shalat 5.4 Menyebutkan hal- hal yang membatalkan shalat Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat Menunjukkan contoh shalat yang batal Menjelaskan cara melakukan shalat apabila batal KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : V/ I NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 1 AL-QUR’AN 1. Membaca dan mengartikan Al- Quran surat pendek pilihan 1.1 Membaca QS Al- Lahab dan Al Kapirun - Melafalkan surat Al Lahab dengan benar - Melafalkan surat Al Kapirun dengan lancar - Menunjukkan hukum Bacaa yang terdapat pada surat Al Lahab dan Al Kapirun - Qalqalah - Mad Far’i - Idhar syafawi - Ikhfa - Idgam Mimi 1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kapirun - Mengartikan surat Al Lahab dan Al Kapirun - Menghafal surat Al Lahab dan Al Kapirun - Menjelaskan isi pokok surat Al Lahab dan AlKapirun 2 AKIDAH 2. Mengenal kitab- kitab Allah 2.1 Menyebutkan nama kitab-kitab Allah SWT - Menjelaskan pengertian kitab suci Allah SWT - Menyebutkan nama- nama kitab Allah SWt - Menunjukan isi pokok kitab suci Allah SWT NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban 1 2.2 Menyebutkana nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT Menyebutkan nama- nama rasul yang menerima kitab suci Allah SWT - Menjelaskan tujuan Allah SWT menurunkan kitab suci 2.3 Menjelaskan Al Quran sebagai kitab suci terakhir Menyebutkan nama- nama rasul yang menerima kitab suci Allah SWT Menjelaskan tujuan Allah SWT menurunkan kitab suci 3 TARIKH 3. Menceritakan kisah Nabi 3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS Menunjukkan ujian yang terima Nabi Ayyub AS Nenunjukkan kisah Nabi Ayyub AS dalam menghadapi ujian 3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa AS - Menceritakan kisah Nabi Musa AS - Menunjukkan contoh keberanian Nabi Musa AS melawan Fir’aun - Menjelaskan pertemuan Nabi Musa AS dengan Nabi Syuaib AS - Menyebutkan Mu’jizat yang dimiliki Nabi Musa AS NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban 1 3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa AS Menceritakan kisah Nabi Isa AS Menunjukkan sifat Nabi isa AS terhadap kaumnya Menyebutkan mu’jizat yang dimiliki Nabi Isa AS 4 AKHLAK 4. Membiasakan perilaku terpuji 4.1 Meneladani peilaku Nabi Ayyub AS - Menunjukkan cara ketaatan Nabi Ayyub AS - Menunjukkan ketabahan nabi Ayyub AS ketika sakit, dan meneladaninya - Menunjukkan sikap nabi Ayyub AS setelah mendapat kesembuhan 4.2 Meneladani peilaku Nabi Musa AS - Menunjukkan sikap keberanian nabi Musa AS dalam menghadapi Firaun - Menunjukkan sikap ketegasan Nabi Musa AS dalam membina kaumnya 4.3 Meneladani peilaku Nabi Isa AS - Menunjukkan keteguhan Nabi Isa As dalam menegakkan aqidah dan meneladaninya - Menunjukkan contoh sikap kasih sayang nabi Isa AS terhadap kaumnya dan meneladaninya Menunjukkan sikap nabi Isa AS dalam menerima kelebihan dari Allah SWT NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban 5 FIQIH 5. Mengumandang- kan adzan dan iqomah 5.1 Menlafalkan bunyi adzan dan iqomah Melafalkan adzan dengan lancar Melafalkan iqomah dengan benar Menjelaskan arti lafal adzan dan iqomah Menjelaskan tata cara adzan dan iqomah 5.2 Mengumandangkan adzan dan iqomah - Mengumandangkan adzan -Mengumandangkan iqomah -Melafalkan doa sesudah adzan Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001 KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : VI/ I NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 1 AL-QUR’AN 1.Mengartikan Alquran surat pendek pilihan 1.1 Membaca QSQodr dan Al Alaq ayat 1-5 - Membaca surat Al Qodr Al Alaq ayat 1-5 dengan Fasih - Menerapkan hukum bacaan ( Tajwid) pada surat Al Qodr dan Al Alaq ayat 1-5 1.2 Mengartikan surat Al- Qodr dan Al Alaq ayat 1-5 - Mengartikan surat Al Qodr dan Al Alaq ayat 1-5 - Hafal arti surat Al Qodr dan Al Alaq ayat 1-5 - Menerapkan arti/isi kandungan surat Al Qodr dan Al Alaq ayat 1-5 dalam kehidupan sehari-hari 2 AQIDAH 2.Menyakini adanya hari akhir 2.1 Menyebutkan nama nama lain hari akhir -Menjelaskan pengertian hari akhir - Menyebutkan nama lain hari akhir - Menyebutkan peristiwa yang terjadi setelah hari akhir 2.2 Menjelaskan tanda tanda hari akhir -Menjelaskan tanda tanda terjadinya hari akhir -Menunujkkan bentuk sikap dalam menghadapi datangnya hari akhir NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 3 TARIKH 3. menceritakan kisah Abu Lahab,Abu Jahal dan Musailamah Al Kadzab 3.1 Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal - Menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW dalamberdakwah - Menunjukkan sikap Kejahatan Abu jahal terhadap dakwah Rasululah SAW - Menjauhkan sifat sifat tercela seperti sifat Abu dan Abu Jahal 3.2 Menceritkan perilaku Musailamah Al Alkadzab -Menjelaskan sifat kebohongan dan kesombongan Musailamah Al Kadzab -Menjelaskan Kebinasan Musailamah Al Kadzab dan pengikutnya - Menyebutkan kerugian orang munafik seperti Musailamah Al Kadzab - Menyebutkan tanda tanda orang munafik 4 AKHLAK 4.Menghindari perilaku tercela 4.1 Menghindari perilaku Dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal - Menjelaskan kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal terhadap Islam - Menyebutkan cara menghindari perilaku dengki Di dalam kehidupan sehari hari - Menjelaskan Perlakuan Abu Lahab terhadap nabi Muhammad SAW 4.2 Menghindari perilaku bohong sepertiMusailamah Al Kazdab - Menjekaskan Kebohonngan dan Kesombongan Musailamah Al Kadazab NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor - Menyebutkan cara menghindari perilaku bohong dan sombong dalam kehidupan sehari –hari - Membedakan akibat dari perilaku bohong dan perilaku jujur 5 FIQH 5. Mengenal Ibadan Bulan ramadhan 5.1 Melaksanakan Tarawih di bulan Ramadhan - Menyebutkan macam macam sholat Sunat - Menjelaskan pengertian dan ketentuan sholat Tarawih - Melaksanakan sholat Tarawih di setiap bulan Ramadhan 5.2 Melaksanakan Tadarus Al Quran - Menjelaskan pengertian tadarus Al Quran di bulan Ramadhan - Menjelaskan hikmah dan manfaat tadarus Al Quran - Membiasakan tadarus Al Quran dalam kehidupan sehari hari Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001 KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : I/ II NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 1 6. Menghafal Al – Quran surat - surat pendek pilihan 6.1 Menghafal QS. Al Kautsar dengan lancar 1. Melafalkan Surat Al fatihah dengan lancar dan benar. 2. Menyebutkan Jumlah ayat Surat Alfatihah 3. Menggunakan Surat Alfatihah Dalam Shalat 6.2 Menghafal QS. An Nashr dengan lancar 1. Menghapalkan Surat AlFatihah dengan benar Dan lancar. 2. Mendemonstra- sikan Surat Al Fatihah 6.3 Menghafal QS. Al Ashr dengan lancar 1. Menunjukkan ciptaan Allah swt melalui Alam semseta 2. Membedakan ciptaan Allah swt dengan cip Taan Manusia 2 7. Mengenal dua kalimat syahadat 7.1 Melafalkan Syahadat tauhid dan Syahadat Rasul - Menyebutkan rukun Enam rukun Iman 7.2 Menghafal dua Kalimat syahadat 1- Menunjukkan hafal Enam rukun Iman 2- Mendemontrasikan Hafalan rukun Iman 7.3 Mengartikan dua Kalimat syahadat 1- Menunjukkan contoh Perilaku jujur 2- Membiasakan perilaku Jujur 3 - Memberikan contoh Periaku jujur 3 8. Membiasakan Perilaku terpuji 8.1 Menampilkan Perilaku rajin - Menunjukkan contoh Perilaku rajin - Menampilkan perilaku NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 8.2 Menampilkan Perilaku tolong menolong 1- Menunjukkan contoh Perilaku tolong Menolong 2- Menampilkan perilaku Tolong menolong 8.4 Menampilkan adab Makan dan minum 1- Melaksanakan adab Makan dan minum 2- Menampilkan adab Makan dan minum 3- Melafalkan doa Sebelum dan sesudah Makan 8.5 Menampilkan adab belajar 1- Menjelaskan adab Belajar yang baik 2- Menunjukkan contoh Adab belajar 3- Melafalkan doa Sebelum dan sesudah belajar 4 9. Membiasakan Bersuci (thaharah) 9.1 Menyebutkan tata Cara berwudhu 1- Menjelaskan tata cara Berwudhu dengan Benar 2- Menunjukkan contoh Tata cara berwudhu Dengan benar 3- Menunjukkan hafal Doa sesudah wudhu 9.2 Mempraktekkan Tata cara berwudhu - Mempraktekkan tata cara berwudhu dengan benar Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001 KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : II/ II NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 1 6. Membaca sura Surat pendek Pilihan Al Quran 1. Membaca huruf Hijaiyah bersambung - Menunjukkan bacaan Huruf hijaiyah bersambung - Menuliskan bentuk perubahan huruf hijaiyah bersambung - Mendemonstrasikan bacaan huruf hijaiyah bersambung 2. Menulis huruf Hijaiyah bersambung - Memberi contoh penulisan huruf hijaiyag bersambung - Menuliskan huruf Hijaiyah bersambung - Mendemonstrasikan cara menulis huruf hujaiyah bersambung 2 7. Membiasakan perilaku terpuji 1. Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada guru - Menjelaskan adab terhadap guru - Menyebutkan cara menghormati guru - Menghormati sikap hormat dan santun kepada guru 2. Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga - Menjelaskan adab terhadap tetangga - Membiasakan berperilaku sopan dan santun kepada tetangga 3 8. Membiasakan shalat secara tertib 1. Mencontohkan gerakan shalat - Mendemonstrasikan gerakan shalat - Memberi contoh gerakan – gerakan shalat yang benar 2. Mempraktekkan Shalat secara tertib - Mempraktekkan shalat dengan sempurna KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : III/ II NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 1 5. Mengenai ayat- Ayat Alquran 5.1 Membaca huruf Al Quran - Melafalkan huruf huruf Al Quran - Melafalkan huruf - huruf Al Quran melalui kata - Melafalkan huruf Al Quran melalui Kalimat/ayat 5.2 Menulis huruf Al Quran - Menuliskan huruf - huruf Al Quran - Menuliskan huruf Al Quran melalui kata - Menuliskan huruf Al Quran melalui Kalimat/ayat 6. Mengenal sifat Mustahil Allah 6.1 Menyebutkan sifat Mustahil Allah SWT - Menjelaskan pengertian sifat Mustahil bagi Allah SWT - Menyebutkan lima sifat mustahil bagi Allah 6.2 Mengartikan sifat Mustahil Allah - Menjelaskan arti Sifat mustahil bagi Allah SWT - Menyebutkan arti lima sifat mustahil bagi Allah SWT - Hafal lima sifat Mustahil bagi Allah SWT dan artinya 7. Membiasakan perilaku terpuji 7.1 Menampilkan perilaku setia kawan - Menjelaskan arti perilaku setia kawan - Menunjukkan contoh contoh perilaku setia kawan - Menyebutkan mamfaat sikap setia kawan 7.2 Menampilkan perilaku kerja keras - Menjelaskan arti perilaku kerja keras - Menunjukkan contoh perilaku kerja keras NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor - Menyebutkan keuntungan perilaku kerja keras 7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan - Menyebutkan keuntungan perilaku kerja keras - Menjelaskan cara menyayang hewan yang benar - Menunjukkan mamfaat menyayang hewan bagi manusia 7.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkung - Menunjukkan mamfaat menyayangi lingkungan - Menjelaskan cara menyayangi lingkung 8. Melakukan Shalat Fardu 8.1 Menyebutkan Shalat fardu - Menyebutkan nama- nama shalat fardu - Menunjukkan waktu pelaksanaan shalat fardu 8.2 Mempraktekkan Shalat fardu - Mempraktekkan Shalat fardu dengan benar - Mengamalkan shalat fardu dengan tertib Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001 KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : IV/ II NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 5. Membaca surat- surat pendek 5.1 Membaca QS Al – Kautsar dengan Lancar - Melafalkan surat Al Kautsar dengan harakat makhraj dgn benar - Menghafal surat Al kautsar berikut artinya - Mengetahui isi kandungan surat Al Kautsar - Menerapkan hukum tajwid pada bacaan surat Al Kautsar - Menyalin ayat surat Al Kautsar 5.2 Membaca QS Al – nashr dengan lancar - Melafalkan surat An Nashr dngn harakat dan makraj dengan benar - Mengetahui isi pokok surat An nash - Mengartikan ayat Surat Nashr - Menerapkan hukum Tajwid - Menyalin ayat surat An Nashr 5.3 Membaca QS Al – Ashr dengan lancar - Melafalkan surat Al Ashr dengan harakat dan makraj dengan benar - Menghafal kata dan kalimat surat Al Ashr berikut artinya - Mengartikan ayat Surat Al ashr - Menerapkan hukum Tajwid pada bacaan Surat Al Ashr - Menyalin kata dan kalimat surat Al Ash 6. Mengenal Malaikat dan tugasnya 6.1 Menjelaskan pengertian malaikat - Menjelaskan pengertian malaikat - Menceritakan tentang kejadian Malaikat NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor - Menyebutkan sifat Malaikat -. Menyebutkan hikmah beriman kepada Malaikat 6.2 Menyebutkan nama nama Malaikat - Menyebutkan 10 nama malaikat - Menghafal nama – nama Malaikat 6.3 Menyebutkan tugas – tugas malaikat - Menjelaskan tugas - tugas Malaikat - Menjelaskan masing – masing tugas 10 Malaikat - Menghafal tugas masing – masing malaikat 7. Menceritakan Kisah Nabi 7.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim As - Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim As - Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim As dgn Raja Namrud 7.2 Menceritakan Kisah Nabi Ismail As - Menjelaskan kisah Kelahiran nabi ismail As - Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim As memugar ka’bah bersama ayahnya Ibrahim As 8. Membiasakan Prilaku terpuji 8.1 Meneladani Perilaku Nabi Ibrahim As - Menceritakan kisah Perilaku taatnya nabi Ibrahim As terhadap Orang tua dan Terhadap Allah swt - Menjelaskan kisah Nabi ibrahim As dalam menghadapi Ujian dari Allah swt - Mengaplikasikan dalam perilaku Sabar dan keteguhan Nabi Ibrahim AS 8.2 Meneladani Nabi Ismail As - Menceritakan kisah Nabi Ismail As dan Ayahnya Nabi Ibrahim As NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor - Mengaplikasikan dalam perilaku taat dan sabarnya Nabi Ismail As - Membiasakan Perilaku sabar dan Taat dalam kehidup Sehari-hari 9. Melaksanakan Zikir dan doa 9.1 Melakukan zikir Setelah shalat - Menjelaskan makna Zikir - Melafalkan zikir Setelah shalat - Menghafal zikir Setelah zikir - Memahami arti lafal Zikir setelah shalat - MempraktekkanBerzikir setiap selesai Shalat 9.2 Membaca doa Setelah shalat - Menjelaskan penting doa setelah shalat - Melafalkan bacaan doa setelah shalat - Menghafal bacaan doa setelah shalat - Memahami arti doa Setelah shalat - Membiasakan Membaca doa setelah Selesai shalat Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001 KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : V/ II NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 6. Membaca dan Mengartikan Alquran surat Pendek pilihan 6.1 Membaca QS Al Maun dan Al Fiil Membaca QS Al Maun dan Al Fiil - Melafalkan bacaan Surat Al Maun Dengan benar - Melafalkan bacaan Surat Al Fiil dengan Benar - Menerapkan hukum Hukum bacaan yang Terdapat pada surat Surat Al Maun dan Al Fiil - Idqam bilaqunah - Ikhfa - Izhar syafawi - Ikhfa syafawi 6.2 Mengartikan QS Al Maun dan Al Fiil - Menjelaskan arti Surat Al Maun - Mengartikan surat Al Fiil - Menerapkan isi Kandungan surat Al Maun dan Al Fiil 7. Mengenal rasul Rasul Allah swt 7.1 Menyebutkan Nama-nama Rasul Allah SWT - Menjelaskan Pengertian rasul - Menyebutkan 25 Nama-nama Rasul Allah SWT 7.2 Menyebutkan Nama-nama Rasul Ulul azmi dari para Rasul - Menjelaskan Pengertian Rasul Ulul Azmi - Menyebutkan nama- Nama Rasul Ulul Azmi - Menyebutkan Mukjizat yang diterima Rasul ulul Azmi NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 7.3 Membedakan Nabi Dan Rasul - Menjelaskan Perbedaan Nabi dan Rasul 8. Menceritakan Kisah sahabat nabi 8.1 Menceritakan Kisah khalifah Abu Bakar As Siddik As - Menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar As siddik RA - Menjelaskan Kedudukan Abu Bakar As Siddik RA Sebagai sahabat yg Pertama masuk Islam dan sebagai Khalifah - Menunjukkan Langkah-langkah Abu Bakar As Sidik RA dalam menengakan Islam 8.2 Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khatab RA - Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khatab RA - Menunjukkan sikap Utama yang dimiliki Umar bin Khatab Ra - Menunjukan contoh Perjuangan Umar bin Khatab RA dlm menegakkan 9. Membiasakan perilaku terpuji 9.1 Meneladani perilaku Khalifah Abu Bakar As Siddik RA - Menunjukkan sikap keteladanan Khalifah Abu Bakar As Siddik RA - Menjelaskan perilaku Abu Bakar As Siddik RA yang dermawan dan bijaksana - Membiasakan perilaku Abu Bakar As Siddik RA dalam kehidupan sehari- hari 9.2 Meneladani perilaku khalifah Umar bin Khatab RA - Menunjukkan contoh keteladanan Umar bin Khatab Ra NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor - Menjelaskan sikap keteladanan Umar bin Khatab RA, pemberani, tegas dan terbuka - Meneladani sikap Umar bin Khatab Ra dalam kehidupan sehari-hari 10. Mengenal Puasa wajib 10.1 Menyebutkan ketentuan – ketentuan puasa Ramadhan - Menjelaskan pengertian puasa ramadhan - Menyebutkan ketentuan- ketentuan puasa ramadhan - Menjelaskan macam macam amalan ramadhan 10.2 Menyebutkan Hikmah puasa - Menyebutkan macam – macam hikmah puasa - Menjelaskan cara berpuasa ramadhan dengan benar Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001 KISI – KISI SOAL MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SEMESTER : VI/ II NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor 6. Membaca dan mengartikan Alquran ayat- ayat pilihan 6.1 Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 - Melafalkan kata dan kalimat surat Al Maidah ayat 3 - Melafalkan kata dan kalimat surat Al hujurat ayat 13 sesuai makraj dengan fasih - Membaca surat Al Maidah ayat 3 - Membaca surat Al Hujurat ayat 13 sesuai hukum tajwid dengan benar termasuk termasuk tanda waqof - Hafal surat Al maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 6.2 Mengartikan QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 - Menjelaskan arti kata dan kalimat surat Al Maidah ayat 3 - Menjelaskan arti kata dan kalimat surat Al Hujurat ayat 13 - Memahami arti QS Al Maidah ayat 13 - Menerapkan arti/isi kandungan QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujarat ayat 13 dalam kehidupan zaherí-hari 7. Menyakini adanya qadha dan qadar 7.1 Menunjukkan contoh-contoh qadha dan qadar - Menjelaskan pengertian qadha dan qadar - Menyebutkan contoh Qadha. - Menyebutkan contoh Qadar - Membedakan pengertian qadha NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor - Membedakan pengertian qadha dan qadar - Menyebutkan nama lain dari qadar 7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap qadha dan qadar - Menjelaskan macamQadha dan Qadar - Menyebutkan hikmah Qadha dan Qadar - Menyebutkan hikmah Qadha dan Qadar - Menunjukkan sikap yakin adanya qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari 8. Mencertikan kisah kaum muhajirin dan kaum anshar 8.1 Menceritakan perjuangan kaum muhajirin - Menjelaskan kisah perjuangan kaum Muhajirin - Menyebutkan usaha usaha kaum Muhajirin - Menyebutkan hasil peruangan kaum Muhajirin 8. Mencertikan kisah kaum anshar 8.1 Menceritakan perjuangan kaum Anshor Menjelaskan kisah perjuangan kaum anshor - Menunjukkan sikap perjuangan kaum anshar terhadap kaum Muhajirin - Menyebutkan hasil perjuangan kaum Anshor 9.Membiasakan prilaku terpuji 9.1 Meneldani perilaku Kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari hari di lingkungan peserta didik - Menjelaskan kisah perilaku kegigihan perjuangan kaum muhajirin seperti terciptanya ukhuwah islamiyah NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor - Mengaplikasikan kegigihan perjuanagn kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari hari 9.2 Meneladani perilaku tolong menolong kaum Anshor dalam kehiupan sehari hari di lingkungan peserta didk - Menjelaskan perilaku tolong menolong kaum Anshor dan Muhajirin - Mengaplikasikan kehidupan tolong menolong dalam arti 10.Mengetahui Kewajiban Zakat 10.1 Menyebutkan macam – macam zakat - Menjelaskan pengerian zakat - Menyebutkan mecam macam zakat - Menyebutkan tatacara mermbayar zakat 10.2 Menyebutkan ketentuan zakat Fitrah - Menjelaskan pengerian zakat - Menyebutkan mecam macam zakat - Menyebutkan tatacara mermbayar zakat Mengetahui Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung A. GANSO, S.Pd NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012 Guru Pendidikan Agama Islam ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I NIP 196803142003011001

Tidak ada komentar: