KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : I / I
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
1 ALQURAN
1. Menghapal Al – Quran
surat pendek pilihan 1.1 Melafalkan QS. Al-
Fatihah dengan
lancar 1. Melafalkan Surat Al fatihah dengan lancar dan benar.
2. Menyebutkan Jumlah ayat Surat Alfatihah
3. Menggunakan Surat Alfatihah Dalam Shalat
1.2 Menghapal QS Al-
Fatihah dengan
lancar 1- Menghapalkan Surat AlFatihah Dengan benar Dan lancar.
2- Mendemonstra- sikan Surat Al – Fatihah
2 AKIDAH
2.Mengenal rukun
Iman 2.1 Menunjukkan cip
Taan Allah Swt me
lalui ciptaannya 1- Menunjukkan ciptaan Allah swt melalui Alam semseta
2- Membedakan ciptaan Allah swt dengan cip Taan Manusia
2.2 Menyebutkan enam
Rukun Iman Menyebutkan rukun Enam rukun Iman
2.3 Menghafal enam
Rukun Iman 1- Menunjukkan hafal Enam rukun Iman
2- Mendemontrasikan Hafalan rukun Iman
3 AKHLAK
3. Membiasakan
Prilaku terpuji 3.1 Membiasakan
perilaku jujur 1- Menunjukkan contoh Perilaku jujur
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
2- Membiasakan perilaku Jujur
3 - Memberikan contoh Periaku
jujur
3.2 Membiasakan
perilaku
tanggung jawab 1- Menunjukkan contoh Perilaku
tanggung jawab
2 - Membiasakan perilaku
Tanggung jawab
3.3 Membiasakan
perilaku hidup
bersih 1 - Menunjukkan contoh
Perilaku hidup bersih
2 - Membedakan yang Bersih
dengan yang Kotor
3- Mem,biasakan perilaku hidup
bersih
4 Memberikan contoh Perilaku
hidup bersih
3.4 Membiasakan
perilaku disiplin 1- Menunjukkan contoh Perilaku
hidup disiplin
2 - Membiasakan perilaku hidup
disiplin
4 FIQIH
4. Mengenal tata Cara bersuci ( Thaharah 4.1 Menyebutkan
pengertian bersuci
1- Menjelaskan pengertian bersuci
2- Menyebutkan tata cara Bersuci
3 - Menunjukkan alat-alat Untuk
bersuci
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
4.2 Mencontohkan
tatacara bersuci
1.Menunjukkan tatacara Bersuci yang benar
2 - Mendemontrasikan cara
bersuci
5.1 Menirukan
ucapan Islam 1- Mengucapkan rukun Islam
2 - Menyebutkan rukun Islam
dengan berurutan
5 5. Mengenal Ru
Kun Islam
5.1 Menirukan
ucapan Islam 1- Mengucapkan rukun Islam
2 - Menyebutkan rukun Islam
dengan berurutan
5.2 Menghafal
Rukun Islam - Hafal rukun Islam dengan baik
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II / I
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
1 : ALQURAN
1. Menghapal Al –
Quran 1.1 Melafalkan QS. Al-
Fatihah dengan
lancar 1- Melafalkan Surat Al fatihah
dengan lancar dan benar.
2- Menyebutkan Jumlah ayat
Surat Alfatihah
3- Menggunakan Surat Alfatihah
Dalam Shalat
1.2 Menghapal QS Al-
Fatihah dengan
lancar 1- Menghapalkan Surat AlFatihah
dengan benar dan lancar.
2- Mendemonstrasikan Surat Al –
Fatihah.
AKIDAH
2. Mengenal Asma
Ul husna 2.1 Menyebutkan lima
Dari Asmaul husna 1- Menyebutkan lima Asmaul
Husna
2- Menunjukkan hafal Lima
Asmaul husna
3- Mendemontrasikan Hafalan
Asmaulhusna
2.2 Mengartikan lima
Asmaul husna 1- Mengartikan lima Asmaul husna
2- Menunjukkan hafal Arti lima
Asmaul Husna
3- Mendemonstrasikan hafalan arti
Asmaulhusna
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban
3 : AKHLAK
3.Mencontoh
Perilaku terpuji 3.1 Menampilkan ren
Dah hati 1- Menjelaskan pengertian rendah
hati
2- Mencari contoh 2 rendah hati
3.2 Menampilkan hi
hup sederhana 1- Menjelaskan pengertian hidup sederhana
2 Menunjukkan contoh hidup sederhana
3- menerapkan hidup Sederhana
3.3 Menampilkan adab
Buang air besar dan
kecil
1- Menjelaskan pengertian Istinja
2.Menunjukkan ada Buang air
besar dan Kecil
3.Menyebutkan macam- Macam
alat bersuci
4- Menjelaskan tatacara Buang air
besar dan Kecil dengan benar
4 FIQIH
4. Mengenal Tata
Cara wdhu
4.1 Membiasakan
Wudhu dengan
tertib
1- Menjelaskan tatacara Wudhu yang benar.
2 - Menunjukkan Rukun Wudhu dengan tartib
3 - Mendemontrasikan Cara berwudhu dengan benar
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban
4.2 Membaca wudhu
Setelah berwudhu 1. Melafalkan doa setela berwudhu
2- Menunjukkan lafal doa setelah berwudhu
3-Mendemonstrasikan Carawudhu
dengan tenar dan tertib
5 5.Menghafal
Bacaan sholat 5.1 Menghafal bacaan
sholat
1- Melafalkan bacaan sholat
dengan benar
2- Menunjukkan bacaan Bacaan
sholat dengan benar
3- Memberi contoh bacaan
bacaan sholat dengan benar
5.2 Menghafal bacaan
sholat 1 Mendemontrasikan hafalan
bacaan sholat dengan benar
2 Menunjukkan hafal bacaan
sholat dengan benar
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : III/ I
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
1 ALQURAN
1.Mengenal
kalimat dalam
Alquran
Membaca kalimat
Dalam Alquran -Melafalkan huruf-hurup Alquran
melalui Kalimat dengan benar
-Melafalkan kalimat dalam
Alquran dg Benar sesuai dg
Harakat
- Melafalkan kalimat Dalam
Alquran dg Benar sesuai dg
makhraj
- Mendemontrasikan Bacaan
kalimat dalamAlquran
1.2 Menulis kalimat
Dalam Alquran - Menulis kalimat Alquran dengan
benar
-Menulis ayat ayat Alquran
dengan benar
-Mendemonstrasikan Penulisan kalimat dan Ayat dalam Alquran
2 AKIDAH
2. Mengenal sifat
Wajib Allah 2.1 Menyebutkan lima
sifat wajib Allah
swt -Menjelaskan pengrtian Sifat
Wajib bagi Allah
-Menyebutkan lima Sifat wajib
bagi Allah
-Menunjukkan perbedaan sifat
Allah dengan Makhluknya
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
2.2 Mengartikan l
Lima sifat wajib
Allah swt Mengartkan lima sifat Wajib Allah swt
Menghafalkan lima Sifat wajib bagi Allah swt beserta artinya
3 AKHLAK
3.Membiasakan
Perilaku terpuji 3.1 Menampilkan
Perilsku percsaya
diri
Menjelaskan pengertian percaya diri
Menunjukkan contoh Contoh perilaku percaya diri
Menyebutkan keuntu ngan perilaku percaya diri
Menjelaskan cara-cara Menumbuhkan perilaku percaya
diri
3.2 Menampilkan peri
Laku tekun Menjelaskan pengertian tekun
Menunjukkan contoh Contoh perilaku tekun
Menyebutkan keuntu ngan perilaku tekun
Menjelaskan cara-caraMenumbuh
kan perilaku tekun
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban
3.3 Menampilkan peri
Laku tekun
Menunjukkan contoh Contoh
perilaku hidupHemat
Menjelaskan cara-cara Hidup
hemat
Menyebutkan keuntungan
perilaku hidup hemat
Menerapkan perilaku hidup
hemat
4 FIQIH
4. Melaksanakan
Sholat dengan
tertib 4. 1 Menghafal bacaan
sholat Melafalkan baccan Sholat
dengan benar
Menghafal bacaan Sholat dengan benar
Menerapkan bacaan Sholat dari Takbirtul Ihram sampai salam
4.2 Menampilkan kese
rasian gerakan dan
Bacaan sholat Mempraktekkan gerakan sholat
Mempraktekkan keserasian
antara gerakan dan bacaan sholat
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : IV/ I
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
1 AL-QUR’AN
1. Membaca Surat
surat Al-quran 1.1 Membaca QS Al -
Fatihah dengan
lancar Melafalkan kata danKalimat surat Al-Fatihah dengan harakat dan makraj yang benar.
Mengartikan ayatSurat Al-Fatihah dengan tepat dan mengetahui isi pokok surat Al-Fatihah
Menerapkan hukumTajwid (alif, lam dan izhar
Menulis ayat-ayat Surat Al-Fatihah dengan benar
1.2 Membaca QS Al-
Ikhlas dengan
Lancar. Melafalkan kata dan Kalimat dengan harakat dan makraj yang benar
- Mengartikan ayat Surat Al-Ikhlas dengan tepat dan mengetahui isi pokok surat Al-Ikhlas.
Menerapkan hukumTajwid (Qalqalah dan idqam)
Menulis ayat-ayat Surat Al-Ikhlas dengan benar
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
2 AKIDAH
2. Mengenal sifat
Jaiz Allah SWT 2.1 Menyebutkan sifat
Jais bagi Allah Menjelaskan pengertian sifat jaiz
bagi Allah SWT
Membedakan sifat jaiz dan
mustahil bagi Allah SWT
Membedakan sifat jaiz dan wajib bagi Allah SWT
2.2 Mengartikan sifat
jaiz bagi Allah - Menjelaskan arti sifat jaiz bagi Allah SWT
. - Menghafal arti sifat jaiz bagi Allah SWT
- Menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT
3 TARIKH
3. Menceritakan
kisah Nabi 3.1 Menceritakan kisah
Nabi Adam AS Menjelaskan kisah kejadian
Nabi Adam AS
Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan nabi pertama
Menyebutkan sifat- sifat yang dimiliki nabi Adam
3.2 Menceritakan kisah
kelahiran Nabi
Muhammad SAW Menjelaskan peristiwa yang terjadi pada masa kelahiran
Nabi Muhammad SAW
Menjelaskan keadaan Nabi Muhammad SAW waktu lahir
Menunjukan nasab/ keturunan
Nabi Muhammad SAW
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban
3.3 Menceritakan
perilaku masa
kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW Menjelaskan kisah perilaku masa kanak- kanak Nabi Muhammad SAW
- Menyebutkan sifat- sifat yang dimiliki Nabi Muhammad
SAW
4 AKHLAK
4. Membiasakan
perilaku terpuji 4.1 Meneladani
perilaku taubatnya
Nabi Adam Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga
Menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan oleh
Allah SWT dari surga
Menyebutkan pengertian taubat
Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2 Meneladani
perilaku masa
kanak-kanak Nabi
Muhammad SAW Menjelaskan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
Menyebutkan sifat- sifat Nabi Muhammad SAW
Meneladani sifat rajin, tabah, kesabaran dan kejujuran Nabi Muhammad SAW
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban
5 FIQIH
5. Mengenal
ketentuan-
ketentuan shalat 5.1 Menyebutkan rukun
shalat Menjelaskan pengertian rukun
shalat
Menyebutkan jumlah rukun sholat
Menunjukan hal-hal yang
termasuk rukun shalat
5.2 Menyebutkan
sunnat shalat Menyebutkan sunat shalat
Menjelaskan sunat fi’li dan Qouli
membedakan antara rukun dan sunat shalat
5.3 Menyebutkan syarat
sah dan syarat wajib
shalat Menjelaskan pengertian syarat sah dan syarat wajib shalat
Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
Membedakan antara syarat sah dan syarat wajib shalat
Menghafal syarat sah dan syarat wajib shalat
5.4 Menyebutkan hal-
hal yang
membatalkan shalat Menyebutkan hal-hal yang
membatalkan shalat
Menunjukkan contoh shalat yang
batal
Menjelaskan cara melakukan
shalat apabila batal
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : V/ I
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
1 AL-QUR’AN
1. Membaca dan
mengartikan Al-
Quran surat
pendek pilihan 1.1 Membaca QS Al-
Lahab dan Al
Kapirun - Melafalkan surat Al Lahab dengan benar
- Melafalkan surat Al Kapirun dengan lancar
- Menunjukkan hukum Bacaa yang terdapat pada surat Al Lahab dan Al Kapirun
- Qalqalah
- Mad Far’i
- Idhar syafawi
- Ikhfa
- Idgam Mimi
1.2 Mengartikan QS Al
Lahab dan Al
Kapirun - Mengartikan surat Al Lahab dan Al Kapirun
- Menghafal surat Al Lahab dan Al Kapirun
- Menjelaskan isi pokok surat Al Lahab dan AlKapirun
2 AKIDAH
2. Mengenal kitab-
kitab Allah 2.1 Menyebutkan nama
kitab-kitab Allah
SWT - Menjelaskan pengertian kitab suci Allah SWT
- Menyebutkan nama- nama kitab Allah SWt
- Menunjukan isi pokok kitab suci Allah SWT
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban
1
2.2 Menyebutkana
nama-nama Rasul
yang menerima
kitab-kitab Allah
SWT
Menyebutkan nama- nama rasul yang menerima kitab suci Allah SWT
- Menjelaskan tujuan Allah SWT menurunkan kitab suci
2.3 Menjelaskan Al
Quran sebagai kitab
suci terakhir Menyebutkan nama- nama rasul yang menerima kitab suci Allah SWT
Menjelaskan tujuan Allah SWT menurunkan kitab suci
3 TARIKH
3. Menceritakan
kisah Nabi 3.1 Menceritakan kisah
Nabi Ayyub AS Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
Menunjukkan ujian yang terima Nabi Ayyub AS
Nenunjukkan kisah Nabi Ayyub AS dalam menghadapi ujian
3.2 Menceritakan kisah
Nabi Musa AS - Menceritakan kisah Nabi Musa AS
- Menunjukkan contoh keberanian Nabi Musa AS
melawan Fir’aun
- Menjelaskan pertemuan Nabi Musa AS dengan Nabi
Syuaib AS
- Menyebutkan Mu’jizat yang dimiliki Nabi Musa AS
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban
1
3.3 Menceritakan kisah
Nabi Isa AS
Menceritakan kisah Nabi Isa AS
Menunjukkan sifat Nabi isa AS terhadap kaumnya
Menyebutkan mu’jizat yang dimiliki Nabi Isa AS
4 AKHLAK
4. Membiasakan
perilaku terpuji 4.1 Meneladani peilaku
Nabi Ayyub AS - Menunjukkan cara ketaatan Nabi Ayyub AS
- Menunjukkan ketabahan nabi Ayyub AS ketika sakit, dan meneladaninya
- Menunjukkan sikap nabi Ayyub AS setelah mendapat kesembuhan
4.2 Meneladani peilaku
Nabi Musa AS - Menunjukkan sikap keberanian nabi Musa AS dalam menghadapi Firaun
- Menunjukkan sikap ketegasan Nabi Musa AS dalam membina kaumnya
4.3 Meneladani peilaku
Nabi Isa AS - Menunjukkan keteguhan Nabi Isa As dalam menegakkan
aqidah dan meneladaninya
- Menunjukkan contoh sikap kasih sayang nabi Isa AS terhadap
kaumnya dan meneladaninya
Menunjukkan sikap nabi Isa AS dalam menerima kelebihan
dari Allah SWT
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban
5 FIQIH
5. Mengumandang-
kan adzan dan
iqomah 5.1 Menlafalkan bunyi
adzan dan iqomah
Melafalkan adzan dengan lancar
Melafalkan iqomah dengan benar
Menjelaskan arti lafal adzan dan iqomah
Menjelaskan tata cara adzan dan iqomah
5.2 Mengumandangkan
adzan dan iqomah - Mengumandangkan adzan
-Mengumandangkan iqomah
-Melafalkan doa sesudah adzan
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : VI/ I
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
1 AL-QUR’AN
1.Mengartikan Alquran
surat pendek pilihan 1.1 Membaca QSQodr
dan Al Alaq ayat
1-5 - Membaca surat Al Qodr Al Alaq
ayat 1-5 dengan Fasih
- Menerapkan hukum bacaan ( Tajwid) pada surat Al
Qodr dan Al Alaq ayat 1-5
1.2 Mengartikan surat
Al- Qodr dan Al
Alaq ayat 1-5 - Mengartikan surat Al Qodr dan Al Alaq ayat 1-5
- Hafal arti surat Al Qodr dan Al Alaq ayat 1-5
- Menerapkan arti/isi kandungan surat Al Qodr dan Al
Alaq ayat 1-5 dalam kehidupan sehari-hari
2 AQIDAH
2.Menyakini adanya hari
akhir 2.1 Menyebutkan nama
nama lain hari
akhir -Menjelaskan pengertian hari akhir
- Menyebutkan nama lain hari akhir
- Menyebutkan peristiwa yang terjadi setelah hari akhir
2.2 Menjelaskan tanda
tanda hari akhir -Menjelaskan tanda tanda terjadinya hari akhir
-Menunujkkan bentuk sikap dalam menghadapi datangnya hari akhir
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
3 TARIKH
3. menceritakan kisah Abu
Lahab,Abu Jahal dan
Musailamah Al Kadzab 3.1 Menceritakan
perilaku Abu
Lahab dan Abu
Jahal - Menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya
terhadap Nabi Muhammad SAW dalamberdakwah
- Menunjukkan sikap Kejahatan Abu jahal terhadap
dakwah Rasululah SAW
- Menjauhkan sifat sifat tercela seperti sifat Abu dan Abu
Jahal
3.2 Menceritkan
perilaku Musailamah
Al Alkadzab -Menjelaskan sifat kebohongan dan kesombongan
Musailamah Al Kadzab
-Menjelaskan Kebinasan Musailamah Al Kadzab dan
pengikutnya
- Menyebutkan kerugian orang
munafik seperti Musailamah
Al Kadzab
- Menyebutkan tanda tanda orang munafik
4 AKHLAK
4.Menghindari
perilaku tercela 4.1 Menghindari
perilaku Dengki
seperti Abu Lahab
dan Abu Jahal - Menjelaskan kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
terhadap Islam
- Menyebutkan cara menghindari perilaku dengki
Di dalam kehidupan sehari hari
- Menjelaskan Perlakuan Abu Lahab terhadap nabi
Muhammad SAW
4.2 Menghindari
perilaku bohong
sepertiMusailamah
Al Kazdab - Menjekaskan Kebohonngan dan Kesombongan
Musailamah Al Kadazab
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
- Menyebutkan cara menghindari
perilaku bohong dan
sombong dalam kehidupan
sehari –hari
- Membedakan akibat dari perilaku
bohong dan perilaku jujur
5 FIQH
5. Mengenal Ibadan Bulan
ramadhan 5.1 Melaksanakan
Tarawih di bulan
Ramadhan - Menyebutkan macam macam
sholat Sunat
- Menjelaskan pengertian dan
ketentuan sholat Tarawih
- Melaksanakan sholat Tarawih di
setiap bulan Ramadhan
5.2 Melaksanakan
Tadarus Al Quran - Menjelaskan pengertian tadarus
Al Quran di bulan Ramadhan
- Menjelaskan hikmah dan
manfaat tadarus Al Quran
- Membiasakan tadarus Al Quran
dalam kehidupan sehari hari
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : I/ II
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
1 6. Menghafal Al – Quran
surat - surat pendek
pilihan 6.1 Menghafal QS. Al
Kautsar dengan
lancar 1. Melafalkan Surat Al fatihah
dengan lancar dan benar.
2. Menyebutkan Jumlah ayat
Surat Alfatihah
3. Menggunakan Surat Alfatihah
Dalam Shalat
6.2 Menghafal QS. An
Nashr dengan
lancar 1. Menghapalkan Surat AlFatihah
dengan benar Dan lancar.
2. Mendemonstra- sikan Surat Al
Fatihah
6.3 Menghafal QS. Al
Ashr dengan lancar 1. Menunjukkan ciptaan Allah swt
melalui Alam semseta
2. Membedakan ciptaan Allah swt
dengan cip Taan Manusia
2 7. Mengenal dua kalimat
syahadat 7.1 Melafalkan
Syahadat tauhid dan
Syahadat Rasul - Menyebutkan rukun Enam
rukun Iman
7.2 Menghafal dua
Kalimat syahadat 1- Menunjukkan hafal Enam
rukun Iman
2- Mendemontrasikan Hafalan
rukun Iman
7.3 Mengartikan dua
Kalimat syahadat 1- Menunjukkan contoh Perilaku
jujur
2- Membiasakan perilaku Jujur
3 - Memberikan contoh Periaku
jujur
3 8. Membiasakan
Perilaku terpuji 8.1 Menampilkan
Perilaku rajin - Menunjukkan contoh Perilaku
rajin
- Menampilkan perilaku
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
8.2 Menampilkan
Perilaku tolong
menolong 1- Menunjukkan contoh Perilaku
tolong Menolong
2- Menampilkan perilaku Tolong
menolong
8.4 Menampilkan adab
Makan dan minum 1- Melaksanakan adab Makan dan
minum
2- Menampilkan adab Makan dan
minum
3- Melafalkan doa Sebelum dan
sesudah Makan
8.5 Menampilkan adab
belajar 1- Menjelaskan adab Belajar yang
baik
2- Menunjukkan contoh Adab
belajar
3- Melafalkan doa Sebelum dan
sesudah belajar
4 9. Membiasakan Bersuci
(thaharah) 9.1 Menyebutkan tata
Cara berwudhu 1- Menjelaskan tata cara
Berwudhu dengan Benar
2- Menunjukkan contoh Tata cara
berwudhu Dengan benar
3- Menunjukkan hafal Doa
sesudah wudhu
9.2 Mempraktekkan
Tata cara berwudhu - Mempraktekkan tata cara
berwudhu dengan benar
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/ II
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
1 6. Membaca sura Surat
pendek Pilihan Al Quran 1. Membaca huruf
Hijaiyah bersambung - Menunjukkan bacaan Huruf
hijaiyah bersambung
- Menuliskan bentuk perubahan
huruf hijaiyah bersambung
- Mendemonstrasikan bacaan
huruf hijaiyah bersambung
2. Menulis huruf
Hijaiyah bersambung - Memberi contoh penulisan huruf
hijaiyag bersambung
- Menuliskan huruf Hijaiyah
bersambung
- Mendemonstrasikan cara
menulis huruf hujaiyah
bersambung
2 7. Membiasakan
perilaku terpuji 1. Mencontohkan
perilaku hormat dan
santun kepada guru - Menjelaskan adab terhadap guru
- Menyebutkan cara menghormati
guru
- Menghormati sikap hormat dan
santun kepada guru
2. Menampilkan
perilaku sopan dan
santun kepada
tetangga - Menjelaskan adab terhadap
tetangga
- Membiasakan berperilaku sopan
dan santun kepada tetangga
3 8. Membiasakan
shalat secara tertib 1. Mencontohkan
gerakan shalat - Mendemonstrasikan gerakan
shalat
- Memberi contoh gerakan –
gerakan shalat yang benar
2. Mempraktekkan
Shalat secara tertib - Mempraktekkan shalat dengan
sempurna
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : III/ II
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
1 5. Mengenai ayat-
Ayat Alquran 5.1 Membaca huruf
Al Quran - Melafalkan huruf huruf Al
Quran
- Melafalkan huruf - huruf Al
Quran melalui kata
- Melafalkan huruf Al Quran
melalui Kalimat/ayat
5.2 Menulis huruf
Al Quran - Menuliskan huruf - huruf Al
Quran
- Menuliskan huruf Al Quran
melalui kata
- Menuliskan huruf Al Quran
melalui Kalimat/ayat
6. Mengenal sifat
Mustahil Allah 6.1 Menyebutkan sifat
Mustahil Allah SWT - Menjelaskan pengertian sifat
Mustahil bagi Allah SWT
- Menyebutkan lima sifat mustahil
bagi Allah
6.2 Mengartikan sifat
Mustahil Allah - Menjelaskan arti Sifat mustahil
bagi Allah SWT
- Menyebutkan arti lima sifat
mustahil bagi Allah SWT
- Hafal lima sifat Mustahil bagi
Allah SWT dan artinya
7. Membiasakan
perilaku terpuji 7.1 Menampilkan
perilaku setia
kawan - Menjelaskan arti perilaku setia
kawan
- Menunjukkan contoh contoh
perilaku setia kawan
- Menyebutkan mamfaat sikap
setia kawan
7.2 Menampilkan
perilaku kerja keras - Menjelaskan arti perilaku kerja
keras
- Menunjukkan contoh perilaku
kerja keras
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
- Menyebutkan keuntungan
perilaku kerja keras
7.3 Menampilkan
perilaku penyayang
terhadap hewan - Menyebutkan keuntungan
perilaku kerja keras
- Menjelaskan cara menyayang
hewan yang benar
- Menunjukkan mamfaat
menyayang hewan bagi manusia
7.4 Menampilkan
perilaku penyayang
terhadap lingkung - Menunjukkan mamfaat
menyayangi lingkungan
- Menjelaskan cara menyayangi
lingkung
8. Melakukan
Shalat Fardu 8.1 Menyebutkan
Shalat fardu - Menyebutkan nama- nama shalat
fardu
- Menunjukkan waktu pelaksanaan
shalat fardu
8.2 Mempraktekkan
Shalat fardu - Mempraktekkan Shalat fardu
dengan benar
- Mengamalkan shalat fardu
dengan tertib
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : IV/ II
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
5. Membaca surat-
surat pendek 5.1 Membaca QS Al –
Kautsar dengan
Lancar - Melafalkan surat Al Kautsar dengan harakat makhraj dgn
benar
- Menghafal surat Al kautsar
berikut artinya
- Mengetahui isi kandungan surat
Al Kautsar
- Menerapkan hukum tajwid pada
bacaan surat Al Kautsar
- Menyalin ayat surat Al Kautsar
5.2 Membaca QS Al –
nashr dengan lancar - Melafalkan surat An Nashr dngn harakat dan makraj dengan benar
- Mengetahui isi pokok surat An
nash
- Mengartikan ayat Surat Nashr
- Menerapkan hukum Tajwid
- Menyalin ayat surat An Nashr
5.3 Membaca QS Al –
Ashr dengan lancar - Melafalkan surat Al Ashr dengan
harakat dan makraj dengan benar
- Menghafal kata dan kalimat
surat Al Ashr berikut artinya
- Mengartikan ayat Surat Al ashr
- Menerapkan hukum Tajwid
pada bacaan Surat Al Ashr
- Menyalin kata dan kalimat surat
Al Ash
6. Mengenal Malaikat dan
tugasnya 6.1 Menjelaskan
pengertian malaikat - Menjelaskan pengertian
malaikat
- Menceritakan tentang kejadian
Malaikat
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
- Menyebutkan sifat Malaikat
-. Menyebutkan hikmah beriman
kepada Malaikat
6.2 Menyebutkan nama
nama Malaikat - Menyebutkan 10 nama malaikat
- Menghafal nama – nama Malaikat
6.3 Menyebutkan
tugas – tugas
malaikat - Menjelaskan tugas - tugas
Malaikat
- Menjelaskan masing – masing
tugas 10 Malaikat
- Menghafal tugas masing –
masing malaikat
7. Menceritakan
Kisah Nabi 7.1 Menceritakan kisah
Nabi Ibrahim As - Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim
As
- Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim
As dgn Raja Namrud
7.2 Menceritakan Kisah
Nabi Ismail As - Menjelaskan kisah Kelahiran
nabi ismail As
- Menjelaskan kisah Nabi
Ibrahim As memugar ka’bah
bersama ayahnya Ibrahim As
8. Membiasakan
Prilaku terpuji 8.1 Meneladani
Perilaku Nabi
Ibrahim As - Menceritakan kisah Perilaku
taatnya nabi Ibrahim As
terhadap Orang tua dan Terhadap
Allah swt
- Menjelaskan kisah Nabi ibrahim
As dalam menghadapi Ujian
dari Allah swt
- Mengaplikasikan dalam perilaku
Sabar dan keteguhan Nabi
Ibrahim AS
8.2 Meneladani Nabi
Ismail As - Menceritakan kisah Nabi Ismail
As dan Ayahnya Nabi
Ibrahim As
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
- Mengaplikasikan dalam perilaku
taat dan sabarnya Nabi Ismail
As
- Membiasakan Perilaku sabar dan
Taat dalam kehidup Sehari-hari
9. Melaksanakan
Zikir dan doa 9.1 Melakukan zikir
Setelah shalat - Menjelaskan makna Zikir
- Melafalkan zikir Setelah shalat
- Menghafal zikir Setelah zikir
- Memahami arti lafal Zikir
setelah shalat
- MempraktekkanBerzikir setiap
selesai Shalat
9.2 Membaca doa
Setelah shalat - Menjelaskan penting doa setelah
shalat
- Melafalkan bacaan doa setelah
shalat
- Menghafal bacaan doa setelah
shalat
- Memahami arti doa Setelah
shalat
- Membiasakan Membaca doa
setelah Selesai shalat
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : V/ II
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
6. Membaca dan
Mengartikan Alquran
surat Pendek pilihan 6.1 Membaca QS Al
Maun dan Al Fiil Membaca QS Al Maun dan Al Fiil
- Melafalkan bacaan Surat Al
Maun Dengan benar
- Melafalkan bacaan Surat Al Fiil
dengan Benar
- Menerapkan hukum Hukum
bacaan yang Terdapat pada surat
Surat Al Maun
dan Al Fiil
- Idqam bilaqunah
- Ikhfa
- Izhar syafawi
- Ikhfa syafawi
6.2 Mengartikan QS Al
Maun dan Al Fiil - Menjelaskan arti Surat Al Maun
- Mengartikan surat Al Fiil
- Menerapkan isi Kandungan surat
Al Maun dan Al Fiil
7. Mengenal rasul
Rasul Allah swt 7.1 Menyebutkan
Nama-nama Rasul
Allah SWT - Menjelaskan Pengertian rasul
- Menyebutkan 25 Nama-nama
Rasul Allah SWT
7.2 Menyebutkan
Nama-nama Rasul
Ulul azmi dari para
Rasul - Menjelaskan Pengertian Rasul
Ulul Azmi
- Menyebutkan nama- Nama Rasul
Ulul Azmi
- Menyebutkan Mukjizat yang
diterima Rasul ulul Azmi
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
7.3 Membedakan Nabi
Dan Rasul - Menjelaskan Perbedaan Nabi dan Rasul
8. Menceritakan
Kisah sahabat
nabi 8.1 Menceritakan
Kisah khalifah Abu
Bakar As Siddik As - Menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar As siddik RA
- Menjelaskan Kedudukan Abu
Bakar As Siddik RA Sebagai sahabat yg Pertama masuk Islam
dan sebagai Khalifah
- Menunjukkan Langkah-langkah Abu Bakar As Sidik RA dalam menengakan
Islam
8.2 Menceritakan kisah
Khalifah Umar bin
Khatab RA - Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khatab RA
- Menunjukkan sikap Utama yang dimiliki Umar bin Khatab Ra
- Menunjukan contoh Perjuangan Umar bin Khatab RA dlm menegakkan
9. Membiasakan
perilaku terpuji 9.1 Meneladani
perilaku Khalifah
Abu Bakar As
Siddik RA - Menunjukkan sikap keteladanan Khalifah Abu Bakar As
Siddik RA
- Menjelaskan perilaku Abu Bakar As Siddik RA yang
dermawan dan bijaksana
- Membiasakan perilaku Abu Bakar As Siddik RA dalam
kehidupan sehari- hari
9.2 Meneladani
perilaku khalifah
Umar bin Khatab
RA - Menunjukkan contoh keteladanan Umar bin Khatab Ra
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
- Menjelaskan sikap keteladanan
Umar bin Khatab RA,
pemberani, tegas dan terbuka
- Meneladani sikap Umar bin
Khatab Ra dalam kehidupan
sehari-hari
10. Mengenal
Puasa wajib 10.1 Menyebutkan
ketentuan –
ketentuan puasa
Ramadhan - Menjelaskan pengertian puasa
ramadhan
- Menyebutkan ketentuan-
ketentuan puasa ramadhan
- Menjelaskan macam macam
amalan ramadhan
10.2 Menyebutkan
Hikmah puasa - Menyebutkan macam – macam
hikmah puasa
- Menjelaskan cara berpuasa
ramadhan dengan benar
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
KISI – KISI SOAL
MATA PELJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : VI/ II
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
6. Membaca dan
mengartikan
Alquran ayat-
ayat pilihan 6.1 Membaca QS Al
Maidah ayat 3 dan
Al Hujurat ayat 13 - Melafalkan kata dan kalimat
surat Al Maidah ayat 3
- Melafalkan kata dan kalimat
surat Al hujurat ayat 13
sesuai makraj dengan fasih
- Membaca surat Al Maidah ayat 3
- Membaca surat Al Hujurat ayat
13 sesuai hukum tajwid
dengan benar termasuk
termasuk tanda waqof
- Hafal surat Al maidah ayat 3 dan
Al Hujurat ayat 13
6.2 Mengartikan QS
Al Maidah ayat 3
dan Al Hujurat ayat 13 - Menjelaskan arti kata dan
kalimat surat Al Maidah ayat 3
- Menjelaskan arti kata dan
kalimat surat Al Hujurat ayat 13
- Memahami arti QS Al Maidah
ayat 13
- Menerapkan arti/isi kandungan
QS Al Maidah ayat 3
dan Al Hujarat ayat 13 dalam
kehidupan zaherí-hari
7. Menyakini
adanya qadha
dan qadar 7.1 Menunjukkan
contoh-contoh
qadha dan qadar - Menjelaskan pengertian qadha
dan qadar
- Menyebutkan contoh Qadha.
- Menyebutkan contoh Qadar
- Membedakan pengertian qadha
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
- Membedakan pengertian qadha
dan qadar
- Menyebutkan nama lain dari
qadar
7.2 Menunjukkan
keyakinan terhadap
qadha dan qadar - Menjelaskan macamQadha dan
Qadar
- Menyebutkan hikmah Qadha dan
Qadar
- Menyebutkan hikmah Qadha dan
Qadar
- Menunjukkan sikap yakin adanya
qadha dan qadar dalam
kehidupan sehari-hari
8. Mencertikan
kisah kaum
muhajirin dan
kaum anshar 8.1 Menceritakan
perjuangan kaum
muhajirin - Menjelaskan kisah perjuangan
kaum Muhajirin
- Menyebutkan usaha usaha
kaum Muhajirin
- Menyebutkan hasil peruangan
kaum Muhajirin
8. Mencertikan
kisah kaum
anshar 8.1 Menceritakan
perjuangan kaum
Anshor Menjelaskan kisah perjuangan kaum anshor
- Menunjukkan sikap perjuangan
kaum anshar terhadap
kaum Muhajirin
- Menyebutkan hasil perjuangan
kaum Anshor
9.Membiasakan
prilaku terpuji 9.1 Meneldani perilaku
Kegigihan
perjuangan kaum
Muhajirin dalam
kehidupan sehari
hari di lingkungan
peserta didik - Menjelaskan kisah perilaku
kegigihan perjuangan kaum
muhajirin seperti terciptanya
ukhuwah islamiyah
NO Standar kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Bentuk soal Soal No Soal dan Kunci Jawaban Skor
- Mengaplikasikan kegigihan
perjuanagn kaum Muhajirin
dalam kehidupan sehari hari
9.2 Meneladani
perilaku tolong
menolong kaum
Anshor dalam
kehiupan sehari
hari di lingkungan
peserta didk - Menjelaskan perilaku tolong
menolong kaum Anshor
dan Muhajirin
- Mengaplikasikan kehidupan
tolong menolong dalam arti
10.Mengetahui Kewajiban Zakat 10.1 Menyebutkan
macam – macam
zakat - Menjelaskan pengerian zakat
- Menyebutkan mecam macam
zakat
- Menyebutkan tatacara
mermbayar zakat
10.2 Menyebutkan
ketentuan zakat
Fitrah - Menjelaskan pengerian zakat
- Menyebutkan mecam macam
zakat
- Menyebutkan tatacara
mermbayar zakat
Mengetahui
Kepala Sekolah No 14/I Sungai Baung
A. GANSO, S.Pd
NIP 19651231 199909 1002 Sungai Baung, Juli 2012
Guru Pendidikan Agama Islam
ABDUL WASIK FITONI, S.Pd.I
NIP 196803142003011001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar